Recent Comments

Thursday 29 October 2015

7 Fitur YouTube yang Tidak Diketahui Banyak Orang


Seperti yang kita ketahui, Youtube merupakan salah satu situs paling populer dan berpengaruh di dunia. Menurut hasil studi yang dilakukan oleh AlexaYoutube merupakan situs paling banyak dikunjungi nomer 3 di dunia setelah Google dan Facebook .
Dan dengan adanya YouTube sudah menjadi rahasia umum bahwa kehadirannya didunia ini telah banyak memengaruhi kebudayaan dan peradaban manusia saat ini.
Meski begitu, masih banyak orang yang belum bisa memanfaatkan situs ini dengan semaksimal karena beberapa fitur dan layanan yang masih minim diketahui.
 Apa sajakah fitur-fitur yang masih minim diketahui tersebut? Yang pertama

1.   Akses YouTube dengan Keyboard

Mungkin sebagian dari anda belum mengetahui bahwa banyak hal yang dapat dilakukan dengan keyboard ketika mengakses YouTube.
Misalnya untuk fitur pause dan play bisa dengan menekan tombol 'K', tombol 'J' untuk mundur 10 detik ke belakang, tombol 'L' untuk memajukan 10 detik ke depan, dll.
 Perlu diperhatikan dalam penggunaan fitur keyboard memerlukan koneksi internet yang cukup baik agar proses buffering tidak terlalu lama.

2.   YouTube Red

YouTube Red adalah keanggotaan berbayar yang memberikan beberapa fitur khusus bagi yang terdaftar dalam keanggotaan YouTube Red. Untuk harga yang ditawarkan adalah $9.99 dan bila dikurskan menjadi 135 ribu rupiah.
Fitur-fitur khusus yang didapatkan seperti bebas-iklan, Menyimpan video ke offline, Gratis Langganan Google Play Musik, dll. 
Bagi yang ingin mencoba layanan video YouTube Red, dapat menggunakan fasilitas free-trial untuk mencoba gratis selama 30 hari, sebelum memutuskan untuk berlangganan. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini masih belum hadir di Indonesia.

3.   Mendownload Subtitle

     Dengan adanya fitur download subtitle, tentu akan lebih memudahkan dalam memahami dialog yang ada pada video yang di download.
Caranya dengan menggunakan KeepSub untuk memasukkan sub judul dalam video. Tapi Anda memang diharuskan menyalin url video di form, lalu dengan menekan tombol, KeepSub akan mengambil dan mendownload subtitle yang dipilih.
Selain mendownload subtitle, KeepSub juga menawarkan sub judul yang diterjemahkan menggunakan Google Translate.

4.   Menonton Video Slow-Motion

Berikutnya, fitur Yotube yang belum banyak diketahui adalah menonton video dengan slow motion (gerak lambat). Umumnya orang memang akan menonton video di YouTube dengan gerak biasa.
Caranya adalah menggunakan HTML5 Player, tetapi anda harus  mendownload dan menginstall terlebih dahulu agar dapat memuat video dengan gerak lambat.
Atau dengan menekan tombol space secara terus menerus, kita juga dapat menikmati video slow motion juga.

5.   Mempercepat Buffering

Proses buffering mungkin sering kali membuat jengkel karena harus membuat anda menunggu lama untuk melihat video.
Anda bisa mempercepat proses buffer ini dengan menggunakan tool SmartVideo yang bisa dapatkan dengan cara menginstal-nya sebagai Add-on di browser Firefox dan Chrome.
Setelah Anda menginstal SmartVideo dan membuka video YouTube yang Anda akan tonton, Anda akan melihat opsi tambahan di bagian bawah video. Dalam opsi itu klik saja `Preferences Global` dan centang opsi `Smart Buffer` agar proses buffering ini bisa berjalan cepat.

6.   Multi Angel

Fitur Multi Angel tersebut pada intinya memungkinkan pengguna YouTube untuk melihat video live dari berbagai angle atau sudut kamera.
Google sendiri memang belum memberikan fitur ini ke semua video live. Contohnya adalah video live accoustic Madilyn Bailey di link yang sudah menggunakanfitur multi angle.
Kalian bisa mengontrol kamera dengan menggunakan keyboard komputer atau dengan menggunakan mouse.

7.   Video 360 Derajat

Melalui teknologi video 360 derajat, para pengguna Youtube dapat melihat keseluruhan bagian dari video yang diputar di Youtube. 
kita bisa menikmati video tersebut dalam aplikasi Google Street View. Melalui Google Street View, Google menampilkan panorama tempat-tempat indah di dunia yang bisa dinikmati dari penjuru dunia mana pun.
Misalnya adalah video 360 derajat buatan artis YouTube Indonesia, Edho Zhell.


Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur dan hal unik yang menunggu untuk di temukan di YouTube. Jadi, tunggu apa lagi?
 
Sumber: 1 2 3 4 5 6 7 8 

   

No comments:
Write comments

Blogroll